Selasa, 14 September 2021

my story. bullying survivors

Kisah ku waktu jadi korban bully di masa2 SD, pas masih tinggal di rumah reni jaya pamulang dulu, dari awal sekolah, kayanya dari kelas 2/3 sampe kelas 6 SD dibully hampir setiap hari.  sampe pernah dulu itu naik kelas tapi uji coba. ( Kalo selama caturwulan 1 ngga ada perubahan, akan turun kelas )
Mungkin saking tertekannya selalu dibully, otak juga jadi lamban berpikir dan ngga bisa catch up pelajaran, Udah gitu selalu dapet tempat duduk paling belakang yang jauh dari guru dan papan tulis, dengan jumlah murid yang 30 an lebih kalo ngga salah.. Padahal Setiap pilih bangku, walau dateng paling pagi buta buat duduk dibarisan di depan, pasti langsung diusir ke bangku paling belakang yang paku meja kursinya udah nonjol2 keluar dan udah reyot2 mau patah.. kalo cuma ngusir pake mulut aja mending, kadang sampe ngelempar tas sampe isinya keluar berantakan, ngga anak laki, ngga anak perempuan... kalian tuuh kecil2 pada jadi ratu dan raja tega banget siih 😭😭 bener2 jadi cast away banget di kelas.

Awal2 mamah juga ngga begitu aware anaknya kena bully, dianggapnya paling emang cuma dijailin biasa dan anaknya aja yg terlalu cengeng.
Tapi, bukan aku yg lebay, but what kind of bully then kalo yang mereka perbuat itu "cuma sebatas kenakalan dan keisengan anak kecil" yang buang sepatuku ke atas genteng, sampe pulang ngga pake sepatu. ( mungkin kalo sekolah itu belum di renov, sepatu aku masih ada di atas sana ) ditarik2 rambut, pukul2, kalo mau lewat dijegal, seringkali sampe jatoh, disiram air bekas pel, sampe disuruh piket sendiri setiap jadwal piket.. ah pokonya kalo dibully, hari2 pulang nangis... 

Dari yang awalnya jadi bahan ejekan 1, 2 orang, sampe hampir 1 kelas. Dikatain begx, tolxl, jelxk, kurus kerempeng, dikatain anak penjual nasi uduk, orang miskin, anak badut ( gara2 mamah katanya gemuk banget kaya balon, padahal ngga selebay gitu ) duh, bener2 anak sekecil itu, maximal banget dibikin feeling insecure nya, pokoknya semuanya about me itu hina dina banget dimata mereka.. 

Ada cerita, menyakitkann banget sih ini.. 
Dulu ada tetangga baru pindahan dideket rumah, terus ada anaknya seumuran, cewek. kita akhirnya sampe temenan deket gitu, dia emang pinter banget, selalu ranking 1, cantik, udah gitu baik, aku selalu cerita, aku digangguin temen2 disekolah, dia selalu nyemangatin dan belain aku, ah pokoknya she's so perfect and ngga sombong lagi, kita suka belajar bareng, dia juga suka kasih tau rumus2 math nya kalo aku ngga ngerti. Waktu awal2 pindah, dia masih disekolah lama, karna jauh jadi ortunya mau mindahin ke sekolah deket2 rumah, aku ajakin masuk ke sekolah yg sama, padahal awalnya ortu dia mau masukin ke sekolah sebelah, pas dia bilang mau masuk ke sd yang sama, waktu itu rasanya seneng banget, naifnya pemikiranku waktu itu, akhirnya disekolah punya temen yang bener2 can stand up for me gitu. Unfortunately, tetiba masuk ke sd ku, dia mendadak amnesia. ngga mau kenal, ngga mau temenan, entah apa alasannya, mungkin udah masuk hasutan mereka, atau sadar betapa loser nya aku itu waktu dulu, or mungkin karna ngga mau dikucilin juga sama geng2 pembuli itu. Ah... pertanyaan yg ngga pernah terjawab.. 
Ya Allah... itu bener2 patah hati pertama ku. bener2 pertama kali merasakan di betray. Dan itu emang sakiytt bgt, lebih sakit dari kesakitan dibully sama orang2 yang emang jelas2 dari awal benci, ,ngga suka. Sampe kalo aku disuruh bawain tas anak2 itu pas pulang sekolah, dia juga ikut nyuruh aku bawain tas dia.. 😭😭😭😭 ngga ngertii knp dulu cuma bisa nangis aja dan bener2 pushover bgt.. 
selama di kelas juga kalau ada kegiatan kelompok atau bagi2 undangan ulang tahun selalu namaku di skip, ngga diundang kalo ada temen kelas adain acara2 ultah alesan mereka ngga mau ngundang, karna aku cuma kasih kado yang biasa2 aja, bukan mainan atau boneka2 mahal..padahal itu udah yang terbaik yg mampu aku kasih.  Sampe ulang tahun sendiri aja ngga pernah mau ngerayain, karna pernah pertama dan satu kalinya dirayain sederhana sama mamah, waktu ulang tahun ke 9, yg dateng cuma 2 orang dong.. satu temen sekelas, satu lagi gxxxx.. padahal udah girang banget, excited sampe ngga bisa tidur, berkali2 nyobain baju ulang tahun buat acara besoknya, tapi zonk dong... 😭😭😭😭 kasian bgt mamah udah masak2 walaupun cuma makanan2 biasa, ngerasa nyusahin mamah banget 😭😭😭 waktu itu untungnya temen2 nya Aa semua ada buat ngehibur, nyanyi2 mainin gitar lagu selamat ulang tahun, pokoknya kalo ngga ditemenin grxxx, ya ikut ngintil kemana aa main sama temen2 geng nya. Dulu kalo istirahat juga suka lari ke kantin sekolahnya aa, sampe akhirnya aa lulus smp, pindah ke stm yg jauh dr sekolah sd, kadang cuma bisa mojok sendirian di bangku belakang 🥲🥲 aah ... kenangan2  itu membekas banget di ingatan... 

Sampe finally breakdown nya pecah banget, inget banget deh waktu udah kelas 6. Pas udah pulang sekolah, kelas sepi tapi lagi nunggu kelas tambahan buat persiapan UAS Sd gitu, mulai deh diejekin ini itu, hina2 dari a sampe z, ngatain mamah ku ini itu, kayanya karna udah mulai gede jadi berani, or karna udah bener2 habis sabar, langsung aku lawan, berantem deh 1 lawan rame2, sambil teriak nangis sejadi2nya, kesel banget, "Apa sih salah saya, kalo ngga kaya dan tajir kaya kalian tapi sekolah di sd negeri ini. Kalo kalian ngerasa kaya banget, pergi aja ke sekolah swasta yg high class biar semua muridnya setara sama kalian." inget banget itu kata2 yg akhirnya meluap dari mulut ku. 

But guess what, waktu akhirnya melawan setelah dibully terus menerus, Guru panggil mamah ke sekolah, ada orangtua murid anak2 itu juga, dan disitu guru tuh kaya lebih memihak mereka, yang obviously lebih berduit. 
Sampe akhirnya di moment itu mamah mutusin pindahin sekolah walaupun itu udah caturwulan 2 di kelas 6 sd. 
Emang dari dulu selalu minta pindah sekolah aja, ke mamah, ke teteh juga. setiap teteh pulang ke reni, selalu nangis minta ikut ke bekasi. Teteh bilang tunggu sebentar lagi, tanggung, tunggu kelulusan SD, nanti terusin Smp di bekasi, tapi
Qodarulluh, dikasih jalannya, dipermudah semua urusannya, setelah bulak balik mamah sama teteh cari sekolah di bekasi dan ngurus pindahan akhirnya bisa pindah ke sdn cibitung.

Lastly, disini aku pengen juga ngucapin terimakasih banget buat temen2 a, b, c, d yang dulu masih mau nemenin, walau aku dulu selalu dikucilkan dan dibully, tapi dibelakang layar kalian masih mau nemenin, it's not easy, susah banget emang buat ngebela atau menghentikan pembulian, resikonya bisa malah jadi korban selanjutnya. It's not easy task. cos even me, takes time that long until finally i can brave to stand up for my own.
Buat dxxx, yg biarpun pinter tapi netral, ngga mau ikut2an mereka untuk musuhin aku waktu itu. Dan karna kamu emang dari kecil anaknya asik, easy going banget and punya prinsip, mereka pun ngga pada berhasil ngehasut atau menekan kamu buat ikut ngebully aku. How i wish lebih banyak lagi orang kaya kamu dulu dikelas. 😭😭
Ada juga sahabat masa kecilku, Grxxx. Temen masa kecil sampe teenager, kita berteman dari awal aku tinggal direni, sampe pindah ke bekasi. Terimakasih ya Allah, kita ngga 1 sekolah., dulu kamu dari TK sampe SMP setia sekolah di permata bunxx. 😁😁
Really guys, you mean so much for me. At least masa2 SD ku di reni jaya ngga selalu diisi haru biru nangis gara2 dibully, ada kenangan2 indah bersama kalian, kalian semua penyelamat masa kecilku. 😭

Iya...Guru itu pahlawan tanpa tanda jasa.... 
Akan selalu kuingat kebaikan guru2 diwaktu lalu, terutama guru2 yg baik, beneran baik dan tulus. 
Semoga Allah membalas kebaikan beliau2 tersebut... 

Pak Santa.. Guru pertama yang bersikap bijaksana, tegas dan ngga pandang murid dr punya apa dan siapa. 
Jadi ada masa adaptasi juga waktu pindah ke bekasi, apalagi pas kelas 6 sd bener2 akhir caturwulan mau ujian. Satu hari pas lagi belajar mandiri, ngga ada guru  tapi dikasih tugas dan dikumpulin di kertas selembar gitu,  dikatain tukang nyontek sama bbrp temen gara2 ada 1 orang yg salah sangka kalo aku nyontek, padahal itu hasil kerjaan aku sendiri, cuma karna terlalu kenceng pake penghapus jadi robek. 
Pas mindahin ke kertas baru, terus diliat orang itu, langsung dia teriak2 heboh, murid baru tukang nyontek, ngejiplak kerjaan orang lain, padahal waktu itu bener2 aku itu lagi giat dan fokus bgt belajar mau kejar ketinggalan dan nyamain sama kurikulum yang beda jauh dari sekolah sebelumnya 😢😢 tapi gara2 diomongin 1 - 2 orang, bener2 takut terjadi lagi kaya dulu, dibully hampir 1 kelas gara2 1 - 2 orang, aku terus pergi ninggalin semua barang2 dan pulang nangis, jadi trauma  dan ngga mau sekolah lagi, 2 hari kayanya waktu itu mogok sekolah,
But, respect bgt sama Pak Santa menyikapi masalahnya dengan cari tau sebab musabab, panggil mamah kesekolah dan dengerin cerita dari kedua belah pihak, habis itu dengan tegas suruh anak2 murid yg ngeledekin aku nyontek itu minta maaf dan datengin kerumah buat ngajak sekolah lagi.. huhu anak itu dateng sama bbrp temen sambil bawain tas sama buku2 yg waktu itu ditinggal dikelas. Ngga kebayang kalo punya guru2 kaya disekolah sebelumnnya,  mungkin ngga bakal lulus sekolah kayanya, karna kejadian yang sama terulang lagi., dibully abis2an gara2 entah apa, tapi didiemin aja, kaya mgga ada apa2, kalo ngaduin mereka juga cuma dibilang anak2 itu kan cuma bercanda, akunya aja yg terlalu cengeng, lebay, 😭😭 Alhamdulillah akhirnya untuk pertama kali merasakan punya wali kelas yang baik kaya Pak Santa... 
pas diceritain mamah tentang history aku di sekolah lama suka dibully, makanya sampe mogok sekolah.
Waktu itu sanxx, temen baru dideket rumah waktu di cibitung cerita kalo Pak Santa bilang didepan kelas, " Anak murid saya bukan pembully, jadi tolong siapa yang kemarin salah faham, minta maaf ke dewi dan ajak dia sekolah lagi." Ngga ada jugde san salahin didepan umum.. bijaksana banget..  semoga banyak juga guru2 seperti Pak Santa. Alhamdulillah temen2 di sekolah baru itu juga supportive, yang ngata2in juga minta maaf dan kita semua menjalin hubungan baik. Sampe buat acara perpisahan yang seru, ngerasain pentas seni pertama kali, naik panggung, nari2 sama temen kelompok, selalu diikut sertain masuk di kerja kelompok, tanpa pilih2 group, sampe akhirnya berkat pengajaran Pak Santa dan bantuan temen2 dulu, yang mau ngajarin diluar kelas, bisa kejar semua pelajaran yang dulu ketinggalan, sampai akhirnya bisa keterima di salah satu smpn bagus di kota tambun.. mereka bener2 nerima dan make me feel I'm belong with them. so, begitulah akhirnya masa-masa kelam dibully itu selesai dan tamat di reni jaya. Alhamdulillah setelah masuk SMP, SMA dengan lingkungan yang baik, guru2 yang baik, temen2  yang baik, nilai2 akademis ku ngga pernah kebakaran Pena Merah. 
Temen2  di SMP dan SMK bener2 baik2 semua, ngga berteman cuma memandang karna materialistic aja, mereka nerima, walaupun tau aku bukan orang kaya raya, anak dari penjual nasi uduk, warung kelontong kecil2an, pernah waktu itu ada seni prakarya, sampe ikut numpang di rumah fexxx buat ikut pake mesin jahit dirumahnya, atau jaman2 nya selalu ngumpul, main2,  nonton di rumah wuxxx setiap pulang sekolah kita rame2 nonton benteng takeshi dirumahnya, dulu kayanya cuma dia aja yg kamarnya ada tv pribadi. Sampe pertama kali sama mereka dikasih surprised dirayain ulang tahun. Kita2 Ketawa2 kenceng banget sampe dimarahin engkong wxx.. 

Aah... sebuah kenangan yang indah.... pokoknya masa sekolah terindah itu ada di SMP sama SMK... 
Dari yang paling terbelakang banget, setelah pindah dan ada dilingkungan baru yang lebih baik and acceptance, jadi bisa paham dan ngerti pelajaran di kelas. Sampe mamah waktu itu bangga banget pas sekolah, akhirnya pertama kalinya bisa dapet ranking 8, masuk 10 besar tu beneran pencapaian terbaik.. terus naik2 jadi 5 besar sampe 3 besar, Jadi jadi ngga ada namanya anak bodxh, toxxx, bexx, atau apalah yg dulu pembully itu selalu katain ke aku... kalau dalam sikon yang salah pasti jadi down, lemah otak, depresi...kalo ada kemauan, tekad, fokus dan giat pasti bisa. 

Ya Allah... terimakasih jaman dulu ngga ada internet.. bisa2 aku dulu jadi korban bunuh diri deh, bisa banget ketrigger impulsive masuk jalur neraka kalo baca2 misalnya di group wa, medsos, juga kena bully... untungnya setiap pulang kerumah selalu ada hal2 baik.. coba kalo udah disekolah kena bully, sampe rumah baca2 di medsos dan artikel yang aneh2 dari internet jaman sekarang.. duh... semoga keturunan ku,  7 turunan dijauhkan dari pembullyan. 
😭😭😭

Last .... Dimanapun para pembully itu berada... 
Semoga hidup kalian tenang, untuk yang udah berumah tangga dan punya anak2, semoga anak2 kalian ngga dibully, seperti kalian duluu bully saya.
Walau ngga pernah ada kata maaf dan penyesalan dari kalian, tolong ajar dan didik anak2 kalian agar tidak menjadi the next generasi pembully. 
Semoga jangan ada lagi korban2 bullying baru.
Stop dan mulai perubahan itu dari didikan orang tua dirumah. Kalo anak salah ya kasih tau kesalahannya dan diajarin yg bener tuh kaya apa. Bukan anak salah, malah dibelain dan nyalahin anak orang/orang lain.. 
Jangan ajar anak pandang rendah orang lain, apalagi membuat anak merasa lebih hebat dari orang lain...selalu ajarin anak menghormati dan menghargai orang lain, dari manapun backgroundnya. Kalo selalu kasih barang2 mewah tanpa dikasih pengertian yang benar malah bisa bikin anak jadi merasa so entitled, dan selalu kasih anak barang2 mewah di sekolah yang kebanyakan dari golongan menengah kebawah itu salah besar banget. Secara ngga langsung ngajarin anak tentang nilai materialistic, nanti akan ada kelompok anak orang kaya, anak orang kurang berada. Yang bisa punya barang a akan ditemenin, yg ngga mampu beli akan dimusuhin.. ah... itu beneran cikal bakalnya pembullyan sih... 😓😓 roda setan bgt, ngga ada ujungnya..